Cara Menerbitkan Buku

Share

Cara Menerbitkan BukuBagi mereka yang mempunyai bakat menulis serta karya yang bagus, tentu memiliki keinginan untuk menerbitkannya. Dengan menerbitkan buku yang dicetak oleh penerbit bergengsi (baca: penerbit besar), tentu memberikan berbagai keuntungan bagi penulisnya, baik secara moral ataupun material.

Secara moral, penulis akan lebih dikenal di masyarakat atau bisa menjadi selebritis dadakan, sedangkan secara material, tentu saja akan mendapatkan tambahan penghasilan. Agar bisa terkenal sekaligus mendapatkan penghasilan atau uang dari hasil karya sastra yang telah diciptakan, ada baiknya seorang penulis mengetahui cara menerbitkan buku. Secara umum, cara menerbitkan buku terbagi menjadi dua kategori besar, yaitu secara konvensional dan secara modern.

Cara menerbitkan buku, tips dan triks

Apa saja tips dan triks menerbitkan buku secara konvensional dan modern? Berikut ini beberapa tips dan triks cara menerbitkan buku yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Tentukan metode penerbitan. Tentukan lebih dahulu jenis metode penerbitan. Apabila jenis konvensional yang dipilih, mulailah dengan mencetak karya yang sudah jadi pada kertas legal atau letter dengan spasi rangkap dua. Namun apabila metode modern yang dipilih, siapkan karya yang sudah jadi dalam bentuk pdf atau rtf.
  • Pilih penerbit. Apabila memilih metode tradisional, kirimkan cetakan hasil karya sastra lewat pos atau kirimkan langsung kepada editor penerbitan. Namun apabila metode modern yang dipilih, kirimkan lewat e-mail format rtf atau pdf hasil karya tulisan tadi.
  • Tunggu. Tunggu jawaban dari penerbit. Apabila ditolak, coba karya tulis yang dikirimkan tadi direvisi ulang, lalu coba kirimkan ke penerbit lain atau penerbit yang pernah menolak.
  • Ditolak terus? Apabila hasil karya yang ditulis tadi dirasakan bagus, coba alternatif lain, yaitu menerbitkan sendiri atau self publishing dengan modal sendiri. Apabila minim modal, pertimbangkan menjual lewat internet dengan cara e-book.

Beberapa tips dan triks cara menerbitkan buku diatas, kiranya dapat menjadi pertimbangan menerbitkan karya sastra bagi penulis. Ada baiknya sebelum memutuskan untuk menerbitkan buku, penulis hendaknya rajin-rajin menulis ide karya sastranya dalam bentuk blog pribadi. Apabila karya sastranya bagus, menarik dan layak jual, siapa tahu, penerbit sendiri yang akan datang menawarkan untuk menerbitkan buku, daripada susah-susah mencari penerbit. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2013-01-01 07:26:19. Republished by Blog Post Promoter

Share

2 comments for “Cara Menerbitkan Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *